Halaman

F.A.Q

Halaman ini berisi beberapa hal yang merupakan jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pengguna maupun pengguna TitanSystems Pharmacy. Silahkan untuk lebih sering mengunjungi halaman ini karena akan kami perbarui secara berkala.


Q: Saya ingin lebih cepat lagi menerapkan software TitanSystems PHARMACY, bagaimana solusi yang praktis dan mudah?

A: Titan memiliki tim implementor yang siap membantu Anda untuk menerapkan penggunaan software di tempat Anda. Tim implementor kami terdiri dari tenaga profesional dalam bidang akuntansi yang sudah paham betul dengan karakteristik bisnis apotek. Implementor tersebut dapat membantu melatih operator serta administrator yang bertugas di apotek Anda.
Biaya kunjungan implementor di lokasi dikenakan tarif kunjungan yang berlaku per hari, begitu pula dengan transportasi dan akomodasi tetap menjadi beban pemilik apotek.
______________________________________________________________________
Q: Bagaimana system Technical Support akan dilakukan seandaianya terjadi masalah dalam pengoperasian software ini karena lokasi apotek saya berada di kota lain, di luar wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta?

A: Untuk kendala pada software, dimana sistem Pharmacy masih dapat login, maka Anda dapat mengirimkan backup database kepada kami sebagai lampiran (attachment) e-mail. Ukuran dari file backup ini cukup kecil. Pengalaman kami untuk apotek yang sudah beroperasi selama 1 tahun dengan rata-rata transaksi hingga 300 nota per hari, besarnya backup berkisar 5 - 7 MB.

Jika sistem sudah tidak dapat login sama sekali, kami memiliki utility di luar program yang dapat membackup database Anda, akan tetapi dengan alasan faktor keamanan dimana tidak lagi dapat mengidentifikasi pengguna yang akan melakukan backup berdasarkan username dan password, maka utility tersebut akan menanyakan kode validasi yang akan kami balas sesuai dengan angka sandi yang tertera di layar komputer Anda. Setelah banckup berhasil dilakukan, mohon untuk mengirimkan file backup data tersebut kepada kami untuk kami analisa.

Pada kerusakan hardware dan jaringan, Anda dapat dibantu oleh teknisi lokal untuk memperbaiki hardware sehingga siap kembali untuk digunakan dan instalasi software dapat Anda ulang kembali secara mandiri. Setelah itu, data backup terakhir sebelum terjadi masalah dapat di-restore sehingga akan muncul kembali data terakhir yang telah di backup. Backup data ini kami sarankan dilakukan 1 hari sekali karena prosesnya pun cukup cepat dan berlangsung hanya dalam hitungan detik.

Jika Anda tetap mengalami kesulitan, kami dapat membantu untuk me-remote komputer Anda dan mendeteksi problem yang mungkin Anda alami dengan bantuan software dari pihak ketiga misalnya TeamViewer, dan tentunya hal ini membutuhan koneksi internet.

Jika ternyata ada cacat dalam pemrograman, maka software akan diperbaiki dalam waktu selambat-lambatnya 3x24 jam oleh tim developer software Titan di Yogyakarta. Setelah ada perbaikan pada file excutable (.exe), maka kami akan mengirimkan link untuk mengunduh update yang kami siapkan. Perbaikan pada software tidak kami kenakan biaya.

Jika Anda memerlukan bantuan tim teknisi kami untuk penanganan secara langsung di lokasi, maka biaya transportasi dan akomodasi akan dibebankana kepada pemilik apotek. Selain itu, untuk penanganan di lokasi tetap akan dikenakan charge sesuai dengan tarif kunjungan yang berlaku per hari.

______________________________________________________________________

Q: Apakah pada software ini sudah dilakukan strech-test untuk menguji stabilitas dan kemungkinan adanya bug yang mengganggu jalannya sistem?

A: Software TitanSystems Pharmacy dikembangkan dari software TitanSystems EazyStore sejak 2005 untuk usaha dagang dan distribusi. Adapun TitanSystems Pharmacy ini telah dilaunching sejak Maret 2011. Melalui berbagai pengujian di perusahaan kami maupun masukan-masukan dari apotek pelanggan, hingga saat ini belum ada gangguan yang cukup berarti sehingga menyebabkan sistem deadlock dan apotek harus berhenti total akibat kecerobohan pemrograman yang kami lakukan. Jika pun ada bug yang sangat minor, mungkin adalah suatu hal yang lumrah, dimana perilaku pengguna sistem kami di lapangan terkadang tidak dapat diprediksi sebelumnya ataupun luput dari perkiraan kami. Untuk memperbesar keyakinan Anda tentang stabilitas kinerja software kami, Anda dapat melakukan cross-cek pada apotek-apotek yang sudah mempergunakan sistem kami yang daftarnya kami lampirkan di blog ini.
______________________________________________________________________

Q: Apakah sofware ini dilengkapi dengan sistem untuk stock opname sewaktu-waktu? Bagaimana cara kerjanya dan berapa lama perkiraan waktu yang diperlukan untuk melakukan stock opname menggunakan sofware ini?

A: Kami memang memiliki formulir stock opname yang dapat digunakan untuk memasukkan data fisik barang yang benar-benar terhitung di etalase, rak dsb untuk keperluan sewaktu-waktu. Untuk mempercepat proses stock opname, persediaan formulir dapat dicetak terlebih dahulu dan disiapkan per-lokasi produk, misalnya untuk etalase 1, etalase 2, rak 2 , lemari salep, dsb. Saat stok fisik selesai dihitung untuk etalase, rak dan lemari tersebut dan dimasukkan dalam formulir stock opname di komputer, maka sistem akan mencari selisih dari stok yang tercatat di komputer dan akan membukukannya sebagai penyesuaian persediaan untuk saat ini. 

Proses jurnal akuntansi juga akan berjalan secara otomatis untuk mencatat selisih nilai persediaan yang perlu dikurangkan dari catatan komputer (jika terjadi kehilangan, barang rusak, dsb), begitu pun sebaliknya jika terdapat kelebihan barang secara fisik tentu dapat diakui masuk kedalam persediaan senilai dengan HPP terakhirnya ataukah dengan harga Rp 0. Untuk barang-barang yang hilang atau rusak, maka pembukuannya akan masuk sebagai pos HPP di bagian deviasi negatif persediaan atau  kerugian persediaan.

Untuk waktu pelaksanaan stock opname ini, sebetulnya dapat dikerjakan sementara apotek tetap buka. Kami memberikan cara penanganannya dalam buku panduan yang disertakan dalam CD software.
______________________________________________________________________

Q: Apabila diperlukan modifikasi pada sistem sesuai permintaan pengguna, berapakah perkiraan biayanya?

A: TitanSystems Pharmacy tidak ditawarkan kepada calon pengguna dengan opsi customized by order. Software ini dirancang untuk tidak terlalu banyak diintervensi oleh perubahan yang diminta pengguna secara langsung, mengingat kestabilan performa sistem adalah hal yang lebih diutamakan. Sebelum membeli, Anda dapat mencoba demo terlebih dahulu sehingga Anda dapat merasakan kecocokan dan kemantapan untuk menggunakan produk Titan. Kami membuka kesempatan kepada seluruh pengguna untuk memberikan saran bagi pengembangan pada menu dan fasilitas software. Akan tetapi pengembangan pada sistem mengacu pada kebijakan dari tim R&D Titan. Pengguna tidak akan dibebankan biaya update untuk penambahan fasilitas dan peningkatan kinerja sistem apabila memang telah dikeluarkan update dari Titan. Seluruh pengguna software TitanSystems Pharmacy berhak untuk terus menerima update pada versi yang sama hingga versi tersebut tidak didukung lagi karena adanya peningkatan ke versi berikutnya.
______________________________________________________________________

Q: Apa keunggulan software ini secara signifikan dibandingkan dengan software sejenis untuk pengelolaan apotek?

A: Sistem kami jelas memiliki nilai ‘plus’ berupa integrasi sistem keuangan apotek dan kefarmasian secara total. Tidak cukup hanya berhenti pada laporan stok dan laporan keluar masuknya kas seperti yang sering ditawarkan oleh vendor lainnya. Atau terbalik, hanya menawarkan sistem GL yang umum dipakai tanpa memikirkan penanganan khusus di apotek seperti resep dokter, laporan medikasi pasien, dsb. Namun, sesungguhnya sistem yang terintegrasi ini lebih ditujukan untuk meminimalkan peranan staf yang direkrut oleh apotek secara khusus untuk menangani pembukuan (akuntansi) dan menyusun laporan keuangan. Sebab dengan input data yang dilakukan oleh asisten apoteker, apoteker, maupun karyawan penjualan biasa, sebenarnya sistem sudah cukup dapat bekerja dengan baik menghasilkan laporan keuangan seperti laba-rugi, neraca, arus kas, analisa bisnis secara finanasial, dsb. Hal ini tentu akan memperingan besarnya biaya operasional yang secara rutin harus ditanggung apotek setiap bulan.

Kemudian dalam hal teknologi pemrosesan data, penerapan sistem ‘transaction’ pada sistem database PostgreSQL 8.4 merupakan fitur unggulan dari database engine yang berkelas. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan dan rasa aman yang dapat dinikmati oleh setiap apotek yang telah menggunakan sistem kami. 

Layanan support juga senantiasa kami lakukan untuk pengguna yang berada di tempat jauh dengan adanya sistem implementor serta teknisi hardware dan jaringan yang berpengalaman dalam memandu penggunaan sistem secara lebih optimal bagi apotek Anda, tentunya dengan dibantu media online seperti Yahoo Messenger, e-mail, dsb.
______________________________________________________________________

Q: Apakah proses instalasi software secara mandiri dapat saya lakukan? Bagaimana jika saya sudah menginstal software ini pada salah satu CPU, lalu kemudian hari CPU tersebut rusak, apakah saya dapat menginstal software ini pada komputer yang baru agar dapat terkoneksi lagi dengan komputer lainnya di jaringan?

A: Tentu Anda dapat melakukan instalasi secara mandiri. Pada saat instalasi software full version (non demo) komputer Anda harus terkoneksi ke internet dan akan ada proses registrasi. Setiap 1 lisensi software TitanSystems Pharmacy akan mendapatkan kode voucher instalasi, dan pada saat instalasi voucher tersebut akan didaftarkan di database Titan di internet, sehingga lisensi tersebut akan terdaftar aktif atas nama apotek Anda. Setiap 6 bulan sekali software Anda akan meminta registrasi ulang yang dapat dilakukan secara online dengan mengklik 1 tombol registrasi yang disediakan di program, atau secara manual mengirimkan kode lisensi melalui SMS ke kami dan akan kami balas dengan kode registrasi. Pemberitahuan untuk registrasi ulang ini akan muncul 2 minggu sebelum batas waktu registrasi ulang. Jika melewati tanggal tersebut, software Anda sementara tidak dapat dipergunakan. Prosedur registrasi ini bermanfaat saat Anda mungkin suatu saat ingin memindahkan lisensi dari komputer lama (mungkin karena rusak) ke komputer yang baru. Karena program kami selalu mendaftarkan lisensi di server database berdasar serial number harddisk yang ada di CPU, maka di komputer yang baru nanti jika harddisknya berbeda, harus melakukan prosedur registrasi ulang lagi dan Anda akan kami beri kode voucher registrasi baru, namun data lisensi dengan serial number yang lama akan kami hapus di database Titan di internet sehingga perpanjangan registrasi untuk komputer yang lama tidak bisa dilakukan lagi. Dengan demikian, para pengguna software Titan yang benar-benar memiliki lisensi resmi tidak perlu khawatir untuk memindahkan lisensi dari satu komputer ke komputer lain secara mandiri, sementara Titan juga tidak ragu untuk memberikan voucher registrasi baru karena komputer yang lama tidak akan dapat diperpanjang penggunaan lisensinya. Proses registrasi ulang ini tidak akan dikenakan biaya, dan pada prinsipnya dapat dilakukan secara mandiri melalui internet tanpa harus memberitahu Titan.

0 komentar:

Posting Komentar