Halaman

Rabu

Puskesmas Sebagai Layanan Kesehatan Terjangkau Bagi Masyarakat Indonesia

Salah satu bentuk perhatian pemerintah di bidang kesehatan pada masyarakat adalah di dirikannya layanan kesehatan yang bisa menjangkau semua kalangan. Kita mengenal sebuah layanan terpadu kesehatan yang kita kenal dengan pusat kesehatan masyarakat. Pusat Kesehatan Masyarakat yang biasa disingkat dengan Puskesmas adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajad kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

Di pusat kesehatan masyarakat tadi, tentunya ada pelayanan yang ditujukan untuk mengobati ataupun menjaga kesehatan dari para pasien yang datang ke sana. Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis kesehatan di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.Secara umum, mereka harus memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif baik melalui upaya kesehatan perorangan (UKP) atau upaya kesehatan masyarakat (UKM). Puskesmas dapat memberikan pelayanan rawat inap selain pelayanan rawat jalan. Hal ini disepakati oleh puskesmas dan dinas kesehatan yang bersangkutan. Perawat memberikan pelayanan di masyarakat, puskesmas biasanya memiliki subunit pelayanan seperti puskesmas pembantu, puskesmas keliling, posyandu, pos kesehatan desa maupun pos bersalin desa (polindes).

TitanSystems Pharmacy adalah software komputer dengan sistem manajemen untuk apotek yang selama ini telah dipakai dan dipercaya oleh banyak apotek di seluruh Indonesia. Dengan pengalaman menangani banyak apotek yang tesebar di Indonesia, TitanSystems Pharmacy mungkin bisa diterapkan pada layanan puskesmas. Ide menerapkan sistem manajemen apotek pada puskesmas ini bermaksud untuk membantu menghandle pengawasan dan pengaturan persediaan stok barang yang ada di puskesmas di Indonesia. Puskesmas yang saat ini telah tersebar di hampir seluruh penjuru Indonesia tentunya membutuhkan sistem manajemen yang baik dan tepat. Software Pharmacy dari TitanSystems adalah pilihan yang pas untuk membantu mengawasi pendistribusian barang. Baik berupa obat maupun alat-alat kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar