Halaman

Rabu

Integrasi Nilai Persediaan dalam Sistem Keuangan Apotek

Sistem akuntansi usaha dagang merupakan fokus utama Titan dalam mengembangkan software apotek TitanSystems Pharmacy. Dengan bantuan software apotek yang seadanya, kadang-kadang pemilik sarana apotek menganggap permasalahan sudah selesai dan dapat ditangani dengan baik. Ternyata belum tentu demikian. Sebagai contoh sederhana, kami berikan ilustrasi untuk sistem pencatatan persediaan dan perhitungan laba kotor dari transaksi pembelian dan penjualan sebagai berikut dengan menggunakan sistem FIFO (first in first out):


Perhatikan secara seksama contoh perhitungan di atas dan cobalah uji kembali apakah software apotek yang selama ini Anda gunakan juga telah melakukan perhitungan seperti yang tertera pada contoh sederhana di atas.

Pada saat terjadi fluktuasi harga beli, kita tidak dibenarkan menghitung laba kotor hanya dengan cara menghitung selisih harga jual saat transaksi penjualan terjadi dengan harga pembelian terakhir saja, tanpa memperhitungkan sisa persediaan yang masih ada saat ini dalam hal kuantitas maupun nilai nominalnya. Sebab yang paling mendasar adalah nilai persediaan tersebut harus diakui secara tepat pada neraca apotek sesuai dengan sistem pencatatan persediaan yang kita tentukan, apakah FIFO atau Average. Contoh sederhana di atas akan menjadi lebih kompleks lagi bilamana terjadi proses retur beli, retur jual, penyesuaian persediaan akibat hilang, kadaluarsa, dan sebagainya.


Apa yang ditampilkan dalam laporan persediaan pada software apotek yang Anda miliki saat ini mungkin dapat berbeda dengan penerapan standar akuntansi keuangan yang baku. Pada akhirnya, apotek yang dikelola dengan bantuan software yang kurang akurat dalam pengelolaan persediaan akan menimbulkan dampak yang cukup signifikan pada laporan keuangan apotek.


Laporan keuangan tidak cukup hanya memperlihatkan posisi keluar-masuknya kas, posisi hutang yang terjadi dikurangi dengan pembayarannya, dan hal-hal sederhana lainnya. Namun secara luas harus dapat dipertanggungjawabkan penyajiannya sesuai dengan prinsip atau kaidah akuntansi yang berlaku secara umum. Di Indonesia kita mengenal Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), dimana dijelaskan bahwa unsur laporan keuangan pada perusahaan yang lengkap setidaknya mencakup 4 hal penting, yaitu:


1.    Laporan Laba Rugi


Terdiri dari penyajian secara bertahap dimulai dari pengakuan nilai Penjualan Bersih, Laba Kotor, Laba Operasi dan terakhir adalah Laba Bersih dalam periode tertentu.

2.    Neraca 


Terdiri dari penyajian Aktiva Lancar berwujud Kas, Piutang, Persediaan, Aktiva Tetap, Aktiva Lainnya, Kewajiban Lancar atau Hutang Dagang, Kewajiban Jangka Panjang, serta Ekuitas atau Modal yang meliputi pula unsur terkait yang bersumber dari laporan laba rugi pada tanggal tertentu.

3.    Laporan Perubahan Ekuitas


Terdiri dari perubahan permodalan usaha yang dipengaruhi oleh Setoran Modal, Penarikan (Prive) dan penambahan modal yang dihasilkan karena perusahaan memperoleh laba dalam mengelola usaha.

4.    Arus Kas 


Terdiri dari aktivitas kas yang dipergunakan atau dihasilkan dari Aktifitas Operasi, Aktifitas Investasi maupun Aktifitas Pendanaan. Mungkin pada beberapa software apotek lainnya, laporan arus kas yang tampil berbeda maknanya dengan laporan arus kas yang dipersyaratkan oleh sistem akuntansi keuangan yang baku.



Jika demikian halnya, maka kemudahan yang diberikan oleh software TitanSystems PHARMACY kepada apotek adalah cukup dengan menginput transaksi pembelian, penjualan, dan berbagai transaksi lainnya Namun kelebihannya adalah laporan keuangan yang sesungguhnya segera dapat tersaji dengan mudah. Anda layaknya memiliki seorang akuntan profesional yang bekerja di apotek Anda selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa mengenal waktu dan dalam hitungan detik pula Anda dapat mengerti apa yang sesungguhnya terjadi dari waktu ke waktu pada bisnis apotek Anda.


Contoh Laporan Laba Rugi Apotek dari software apotek TitanSystems Pharmacy

Contoh Neraca Apotek dari software apotek TitanSystems Pharmacy


Contoh Laporan Perubahan Ekuitas Apotek dari software apotek TitanSystems Pharmacy

Contoh Laporan Arus Kas Apotek dari software apotek TitanSystems Pharmacy



Bagi Anda yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut tentang software apotek TitanSystems Pharamcy serta menaruh perhatian yang serius terhadap laporan keuangan apotek, Anda dapat berkonsultasi melalui e-mail kepada kami di alamat: info@titansystems.biz


4 komentar:

  1. Pradnya Ratih, Apt18.45.00

    Recommended! d^^b

    BalasHapus
  2. Trims mbak Ratih. Seringlah mengunjungi blog kami untuk mengupdate informasi terkini. Akan selalu ada artikel baru yang kami tulis dan undanglah rekan-rekan untuk mengomentari artikel disini ya.

    BalasHapus
  3. Anonim07.17.00

    Mantap....

    BalasHapus
  4. terima kasih infonya, salam kenal dari saya :)

    BalasHapus