Halaman

Rabu

Sistem FIFO

TitanSystems Pharmacy sangat membantu Anda dalam penelusuran kronologis stok per barang. Anda dapat dengan mudah memotong laporan buku stok yang berisi kronologis stok masuk dan keluar berikut nilainya (HPP) dalam periode tertentu saja, dan dapat pula melihat kuantitas stok barang dan nilai keseluruhannya pada akhir periode yang sama. Diharapkan dari kedua informasi tersebut Anda akan yakin bahwa pembukuan perhitungan HPP produk telah dilakukan dengan benar oleh sistem.

Dalam menghitung nilai persediaan, TitanSystems Pharmacy dapat menggunakan sistem FIFO maupun Average. Perhitungan FIFO akan menyebabkan barang yang masuk ke dalam stok terlebih dahulu juga akan dikeluarkan terlebih dahulu. Sehingga, dengan kondisi berbagai macam harga beli barang yang terdapat pada stok saat ini, maka transaksi penjualan produk yang sama dapat memiliki laba kotor yang berbeda-beda pula sesuai dengan penandingan antara harga pada penjualan dengan HPP barang yang dikeluarkan pada saat yang sama. Sistem ini dikenal pula dengan istilah stok perpetual. 



Keistimewaan lainnya, pada laporan buku stok Anda dapat melakukan klik pada hyperlink nomer transaksi yang tertera untuk menampilkan isi dari formulir transaksi tersebut. Sebagai contoh transaksi penjualan yang terjadi tanggal 03-10-10 diatas dapat di klik pada nomernya sehingga formulir transaksi penjualan akan tampil seperti berikut: 


 
Dengan melihat formulir transaksi penjualan ini, maka sebenarnya kita dapat melihat terjadinya keuntungan (laba kotor) atas penjualan 1 BOTOL Betadine ini sebesar Rp 350,- yang diperoleh dari Harga jual (Rp 2.850) dikurangi dengan HPP barang yang terlihat sebagai nilai keluar pada laporan buku stok (Rp 2.500). Hal ini dikarenakan stok dengan harga beli Rp 2.585 yang awalnya tercatat sebanyak 6 BOTOL pada pembelian tanggal 02-09-10 telah habis terjual seluruhnya, sehingga program menggunakan HPP berikutnya yaitu Rp 2.500 yang berasal dari pembelian tanggal 04-09-10.

Berikut ini adalah hasil postingan jurnal transaksi penjualan tersebut pada buku besar:


Sementara itu, jika apotek menggunakan sistem average maka HPP produk yang digunakan akan berubah setiap kali ada pembelian atau setiap masuknya stok ke dalam persediaan dengan menghitung jumlah rupiah keseluruhan stok barang dibagi dengan jumlah kuantitas barang pada saat yang sama.

Pencatatan nilai persediaan/stok dengan sistem Average atau FIFO jangan dirancukan dengan arus fisik barang seperti yang berlaku pada sistem FEFO (first expire first out) dalam pengelolaan kadaluarsa. TitanSystems Pharmacy selalu konsisten mengeluarkan stok barang yang tanggal kadaluarsa tercapa terlebih dahulu, tanpa mempertimbangkan tanggal transaksi pembelian mana yang lebih dahulu sebagai persediaan. Jika kebetulan pada contoh di atas produk Betadine yang dibeli tanggal 04-09-10 memiliki tanggal kadaluarsa yang lebih dekat dibandingkan yang dibeli tanggal 02-09-10, maka tetap yang dicatat pada sistem kadaluarsa untuk dikeluarkan dari stok adalah kadaluarasa dari pembelian tanggal 04-09-10 terlebih dahulu, meskipun secara FIFO HPP nya berbeda dengan kenyataan fisik barang yang kita serahkan kepada konsumen. Disinilah peranan sistem yang baik akan menangani pembukuan Anda secara akurat dari sisi akuntansi dan farmasi secara bersamaan.

0 komentar:

Posting Komentar