Halaman

Kamis

Pembelian

Transaksi Pembelian pada TitanSystems Pharmacy didisain dengan melihat kemudahan untuk user. Sebelum melakukan transaksi terlebih dahulu dapat dibuat surat pemesanan / Purchasing Order ( PO ).

Jumlah item yang dapat diinputkan dalam transaksi ini tidak terbatas.


Apabila sebelumnya pernah membuat surat pemesanan, saat melakukan transaksi pembelian PO yang sudah pernah dibuat dapat dibuka lagi dan langsung dapat diinputkan transaksi pembelian jadi tidak perlu memasukkan lagi data barang yang akan dibeli.

menu Transaksi Pembelian
 
Dalam menu pembelian dapat kita pilih bagaimana perlakuan terhadap PPN, yaitu antara lain:
  1. Apabila harga barang yang tercantum belum termasuk PPN dan dalam pembayaran ditambah PPN maka checkbox PPN dibawah Sub Total harus di centang, setelah disimpan PPN 10% tersebut akan masuk ke akun PPN Masukan.
  2. Apabila harga barang yang tercantum pada tiap barang sudah termasuk PPN maka checkbox PPN Inklusif ( dibagian kanan ) harus di centang, setelah disimpan PPN 10 % tersebut akan masuk ke akun PPN Masukan.
  3. PPN tiap barang juga dapat ditambahkan pada HPP tiap barang yaitu dengan menggunakan Fungsi -> Kapitalisasi PPN, Terlebih dahulu pilih jenis PPN yang terjadi ( no 1 atau no 2 ), kemudian pilih Fungsi -> Kapitalisasi PPN, maka setelah disimpan PPN akan menjadi faktor tambah untuk HPP barang.
  
 
Setelah transaksi pembelian selesai lalu di klik tombol selesai kemudian akan muncul metode pembayaran yang akan dilakukan, metode pembayaran bisa dengan 2 cara yaitu:
  1. Kredit. Jika pembelian akan dibayar dengan kredit maka kita hanya perlu mengisikan tanggal jatuh temponya saja kemudian klik tombol OK, setelah disimpan maka hutang dagang dan stok barang akan secara otomatis bertambah
  1. Tunai. Jika pembelian akan dibayar tunai maka terlebih dahulu dipilih metode yang akan digunakan ( transfer kas kecil, transfer kas besar, tranfer bank, dll ), kemudian isikan jumlah yang dibayarkan dan klik tombol simpan, maka transaksi pembelian sudah tersimpan dan stok barang secara otomatis akan bertambah
  1. Tunai dan Kredit. Pembayaran dapat juga dilakukan dengan 2 cara yaitu sebagian dibayar tunai dan sebagian dibayar secara kredit. Terlebih dahulu diisikan metode yang akan digunakan dan jumlah untuk pembayaran secara tunai lalu klik tombol simpan, untuk sisa pembayaran yang secara kredit kita hanya perlu mengiiskna tanggal jatuh tempo pembayaran, setelah di klik tombol OK, maka hutang dagang akan bertambah sesuai dengan jumlah yang dibayar kredit dan stok barang akan bertambah. 

0 komentar:

Posting Komentar