Halaman

Rabu

Kadaluarsa Produk



TitanSystems Pharmacy menggunakan metode First Expire First Out (FEFO) untuk mencatat masuk dan keluarnya barang sesuai dengan kadaluarsanya. Pedoman yang digunakan adalah sebagai berikut:
  1. Saat mengisi formulir pembelian, tanggal kadaluarsa produk dapat dicantumkan. Untuk produk yang sama dengan lebih dari 1 tanggal kadaluarsa (Exp.Date), maka produk tersebut harus dicatat dalam 2 atau lebih baris transaksi yang sesuai variasi tanggal kadaluarsa.
  2. Saat mengisi formulir penjualan, software akan memberitahu kepada kita tanggal kadaluarsa terdekat yang tercatat dimiliki produk tersebut saat ini
  3. Manakala terjadi ketidaksesuaian jumlah dan tanggal kadaluarsa yang tercatat oleh karena kekeliruan pengambilan fisik barang tersebut dsb., maka daftar kadaluarsa dapat di-ubah secara mandiri dengan catatan bahwa jumlah stok produk secara total tidak boleh lebih sedikit daripada detail kuantitas dan tanggal kadaluarsa produk secara kumulatif.
  4. Untuk produk yang saat pembeliannya dulu tidak diberikan tanggal kadaluarsa, maka dianggap memiliki tanggal kadaluarsa yang tak terhingga, sehingga dianggap keluar dari stok setelah barang yang tercatat memiliki tanggal kadaluarsa.
  5. TitanSystems Pharmacy mempunyai metode untuk mengontrol kadaluarsa produk melalui 3 cara: 
    • Melalui sistem pengingat global yang dapat menampilkan produk yang telah kadaluarsa dalam beberapa bulan berikutnya, sesuai dengan pengaturan umum yang diberlakukan.
    • Melalui laporan kadaluarsa produk yang dapat ditampilkan per produk sesuai daftar kuantitas produk yang akan melampaui kadaluarsa dalam beberapa bulan ke depan secara fleksibel.
    • Pada saat penjualan, sistem sudah memberikan referensi kepada operator tentang tanggal kadaluarsa terdekat. Jika operator jeli dan menemukan bahwa produk yang akan diberikan ke konsumen memiliki tanggal kadaluarsa yang lebih lama dari referensi yang muncul tersebut, maka semestinya dia segera melakukan cross check dengan bagian stok apotek untuk konfirmasi keakuratan tanggal kadaluarsa per produk tersebut.

Bisa dibayangkan, bagaimana mudahnya penelusuran produk yang akan kadaluarsa dengan TitanSystems Pharmacy. Setelah itu, kita dapat memutuskan untuk melakukan langkah antisipatif, misalnya saja me-retur barang tersebut ke distributor atau produsen.  Atau untuk produk OTC, seperti susu dan makanan, bisa saja ditawarkan kepada pelanggan secara aktif sebelum tercapai tanggal expire date dari produsen. Anda akan terhindar dari kerugian akibat tidak tertanganinya produk kadaluarsa dengan baik.

contoh tampilan di sistem :


Daftar Kadaluarsa

0 komentar:

Posting Komentar