Halaman

Rabu

Mengelola Daftar Harga

Dalam software akuntansi apotek TitanSystems Pharmacy pengelolaan atau penentuan daftar harga dilakukan di menu Daftar Harga. Pada halaman ini dilengkapi dengan kontrol pencarian, kustomasi tampilan, navigasi halaman dan beberapa kontrol tambahan.
Dalam formulir daftar harga ini akan menampilkan kode barang, nama barang, HPP, Nilai Persediaan Terakhir, Unit, Isi, Harga Jual Umum, Markup(%), Operator, Tanggal Edit.

Mengubah daftar harga secara langsung.
Untuk mengubah daftar harga secara langsung setelah menampilkan daftar barang dengan mengisi kontrol pencarian, harga jual umum dapat langsung diisikan atau mengisikan persen markup. Setelah selesai klik tombol Simpan untuk menyimpan. Untuk membatalkan perubahan dapat dilakukan dengan mengklik tombol Reset.




Mengubah daftar harga dengan alat bantu kalkulasi harga.
Produk-produk yang ingin diubah harganya dapat dipilih kemudian dengan kalkulasi harga akan masuk ke halaman untuk menghitung, akan dinaikkan dengan persen margin, persen markup atau kenaikan harga.



Namun perlu diingat, kalkulasi harga ini hanya membantu menghitung penetapan harga jual produk. Setelah harga jual tersimpan dalam bentuk rupiah, maka harga jual produk tidak akan berubah sampai kita mengubahnya lagi pada suatu saat. Prosentase kenaikan harga terhadap HPP tidak akan tersimpan secara formulasi otomatis, sebab kondisi formulasi harga secara otomatis, yang dipicu oleh transaksi pembelian produk saat ada perubahan harga beli ke pemasok pada umumnya sangat menyesatkan pengendalian sistem. Sebagai contoh demikian:


Saat ini HPP produk terakhir yang tercatat pada sistem FIFO adalah Rp1.000. Misalkan saja sistem lain yang dipakai di apotek kita langsung mengaitkan harga jual berdasar markup 10%, tentu harga jual secara otomatis menjadi Rp1.100.
Kemudian tanpa disengaja, operator admin melakukan kesalahan input harga pada saat pembelian produk dari PBF, dari harga normal Rp1.000 mejadi Rp100 (kurang angka '0'). Karena mungkin pembelian dilakukan secara kredit, tentunya tidak akan berpengaruh pada pengeluaran 'Kas', sehingga operator tersebut lalai untuk mengecek ulang harga pembeliannya yang tidak sesuai dengan faktur dari PBF. Akibatnya yang terjadi adalah, harga jual produk terkalkulasi secara otomatis menjadi Rp110. Tentunya ini adalah contoh yang ekstrim. Namun apabila terjadi kondisi semacam ini, maka sistem yang Anda pakai saat ini bisa saja merugikan manajemen apotek Anda tanpa Anda sadari.

Sebagai alat bantu untuk penyesuaian harga jual manakala terjadi perbedaan harga beli dari harga biasanya ke pemasok (PBF), maka TitanSystems Pharmacy dilengkapi dengan 2 fitur pengaman:

  • Pada saat terjadi perubahan harga beli, saat formulir pembelian disimpan akan memunculkan peringatan bahwa harga beli produk berubah dari harga pembelian terakhir. Jika kita ingin mengubah harga jual, maka kita akan dibawa untuk melakukan setting harga jual untuk produk tersebut. Seperti berikut:


  • Pada daftar harga produk, kami telah menyiapkan analisa harga jual yang sudah berada di bawah standar laba yang kita estimasikan. Misalnya saja, untuk obat kategori Generik kita memiliki standar markup setidaknya 30%. Analisa akan menampilkan produk kategori Generik yang harga jualnya berada dibawah standar laba. Harga jual ini tentunya juga ditinjau dari pemberian diskon yang terbesar yang mungkin kita dapat berikan ke pelanggan dengan kategori tertentu. Pada dialog berikut ini, terlihat ada 7 buah produk yang harga jual umumnya ternyata berada di bawah standar laba kotor yang kita asumsikan (30%).



Histori
Untuk menetapkan harga jual, kadangkala kita juga membutuhkan referensi harga pembelian produk yang selama ini pernah kita lakukan ke pemasok. Dengan referensi harga pembelian ini, kita mampu memiliki gambaran secara cepat apakah produk tersebut termasuk jenis yang cukup berfluktuasi harga belinya ataukah tidak.





Dan sebagai bantuan akhir, kami menyediakan pula histori perubahan harga jual yang pernah dilakukan oleh masing-masing administrator pada waktu-waktu sebelumnya.




Mudah-mudahan apotek Anda menjadi lebih sehat dengan cara penetapan harga jual yang semakin baik.

Lihat videonya disini:





0 komentar:

Poskan Komentar