Halaman

Kamis

Apotek Syifa Wonosari

Meratanya faslilitas kesehatan yang ada saat ini, makin memudahkan masyarakat untuk mengakses kebutuhan kesehatannya. Tumbuhnya banyak apotek selain menumbuhkan semangat kompetitif, juga menguntungkan masyarakat yang membutuhkan layanan untuk mendapatkan obat dan kebutuhan medis lain.
Apotek Syifa yang berdiri sejak tahun 2009 telah hadir dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan obat dan suplemen penunjung kesehatan lain. Berada di kawasan yang terjangkau oleh masyarakat, Apotek Syifa hadir untuk memberikan layanan dan kemudahan bagi masyarakat sekitar kota Wonosari untuk mendapatkan obat/ suplemen dan kebutuhan medis lainnya. Sejak berdiri 5 tahun lalu, apotek Syifa masih menggunakan metode manual dalam menjalan bisnis apoteknya. Namun sejak sekitar tahun 2011, apotek Syifa mulai kewalahan dan mulai beralih pada sistem manajemen keuangan yang bisa membantu menangani bisnis apoteknya.
Apotek Syifa Wonosari
Setelah melalui proses pencarian informasi mengenai software sistem pendukung manajemen keuangan untuk apotek di internet, maka sampailah apotek Syifa pada software Pharmacy dari TitanSystem. Tanpa pikir panjang setelah mendengar penjelasan mengenai informasi produk, maka dipakailah software Pharmacy dari TitanSystem di apotek Syifa Wonosari. Banyak perubahan positif yang terasa setelah apotek Syifa ini menggunakan sistem manajemen keuangan Pharmacy dibanding sistem manual yang sebelumnya. Kemudahan untuk entry data produk, pengecekan barang dan harga bisa cepat dan efisien dilakukan setelah apotek Syifa menggunakan software Pharmacy ini. Dengan tenaga SDM yang berpengalaman di bidangnya, maka proses penyesuaian dari sistem manual ke sistem yang terkomputerisasi menjadi cukup mudah. Pada tahap awal memang masih perlu penyesuain terhadap fitur dan fungsi yang ada di sistem Pharmacy ini, namun setelah itu menjadi makin mudah dipelajari dan langsung diaplikasikan pada kegiatan operasional sehari-hari di apotek.


Dengan jumlah barang yang mencapai 1300an item yang etrdiri dari berbagai macam obat-obatan, susu dan vitamin; apotek Syifa bisa dibilang cukup lengkap dalam persediaan obat dan kebutuhan medis lainnya untuk pelanggan di sekitar. Dengan jumlah barang yang cukup banyak untuk sebuah apotek, apotek Syifa melakukan stock opname setiap 6 bulan sekali untuk memastikan ketersediaan dan penyesuaian antara jumlah stock barang dengan database. Sedikit kendala muncul saat akan melakukan stock opname dengan jumlah item barang sebanyak itu. Perbandingan antara banyaknya barang dengan terbatasnya tenaga SDm mengakibatkan proses penghitungan stock opname pun kadang memakan waktu yang cukup lama dan masih sebagian yang masuk ke sistem. pada beberapa bagian masih perlu dipastikan dengan melakukan cek manual sehingga perhitungan yang benar dan tepat bisa sesuai dengan jumlah total barang yang ada di gudang penyimpanan. Setelah beberapa lama menggunakan software manajemen apotek Pharmacy dari TitanSystem, sistem akuntansi dari apotek Syifa sudah menjadi cukup baik, transaksi keuangan dan data barang yang ada juga sudah tepat. Bila memerlukan update untuk software Pharmacy, juga bisa langsung di-download di web TitanSystem. Begitu mudah dan efisien sehingga pasti menguntungkan untuk bisnis apotek Anda.

0 komentar:

Posting Komentar