Halaman

Rabu

Proses Stock Opname Di Apotek Ratih Farma

Menurut Keputusan Menkes, Apotek merupakan suatu tempat tertentu untuk melakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran obat kepada masyarakat. Definisi yang hampir sama mengenai apotek menurut PP 51 Tahun 2009, apotek adalah suatu tempat atau terminal distribusi obat perbekalan farmasi yang dikelola oleh apoteker sesuai standar dan etika kefarmasian yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan beberapa tugas dan fungsi seperti menjadi tempat pengabdian profesi bagi apoteker yang telah mengucapkan sumpah jabatan dan sarana farmasi untuk melaksanakan peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran dan penyerahan bahan obat serta menjadi media penyalur perbekalan farmasi dalam menyebarkan obat-obatan secara luas dan merata kepada masyarakat.

Suasana Saat Input Data Stock Opname
Salah satu apotek yang menjalankan prinsip-prinsip sesuai keputusan Menkes dan pemerintah tadi adalah Apotek Ratih Farma. Apotek yang terletak di Wonosari ini telah berdiri sejak tahun 2009 lalu juga mempunyai beberapa cabang lain yang bernanung di bawahnya. Selama hampir 5 tahun menjalani usaha apotek ini, pada akhirnya pada tahun 2012 lalu apotek ratih Farma memutuskan untuk menggunakan software manajemen apotek Pharmacy dari TitanSytems setelah sebelumnya masih menggunakan sistem yang manual. Untuk mempelajari dan beradaptasi dengan software manajemen apotek Pharmacy dari TitanSystems, apotek ratih Farma hanya perlu waktu satu minggu saja untuk bisa lancar menggunakannya. Selama proses waktu berjalan, makin hari bertambah lancar dan mahir dalam pengoperasionalannya. Laporan keuangan harian juga dapat ditampilkan dengan cepat dan tepat. 


Apotek Ratih Farma
Apotek Ditutup Sehingga Proses Penghitungan Barang Saat Stock Opname Bisa Maksimal
Dengan jumlah barang yang mencapai 3000 lebih item berupa obat-obatan dan produk kesehatan, tentunya apotek Ratih Farma kewalahan jika harus melakukan stock opname dengan cara yang manual dan konvensional. Selain terbantu dengan adanya software manajemen apotek Pharmacy dari TitanSystems ini, menurut apotek Ratih Farma dukungan dari tim TitanSystems cepat dan bagus service-nya. Apotek Ratih Farma biasanya melakukan stock opname setiap 3 bulan sekali. Mengingat banyaknya jumlah item/ barang yang harus dihitung, maka diperlukan waktu dan tenaga ekstra saat melakukan proses stock opname. Saat stock opname pun biasanya apotek juga tutup dan mengerahkan tenaga seluruh karyawan untuk memaksimalkan kinerja dan mempercepat proses stock opname. Karena banyaknya barang yang dihitung saat proses stock opname, tak jarang apotek harus menutup dulu tempatnya untuk beberap saat dan suasana di dalam apotek agak berantakan. Namun karena telah menggunakan software manajemen apotek Pharmacy dari TitanSystems, saat proses input data pun terbantu dan bisa selesai dalam waktu yang lebih cepat.


0 komentar:

Posting Komentar